330 Warga Madura Ikuti Screening Katarak di Pamekasan

MADURAKU.COM – Sebanyak 330 warg Madura mengikuti screening katarak, kerja sama antara Yayasan Baitul Al-Hairiyah Bandung dan Duta Besar Negara Kuwait bekerjasama dengan RSAL Dr Ramelan Surabaya di Makodim Pamekasan, Sabtu (18/3/2017).

Bhakti Sosial Operasi Katarak ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 hingga 28 April 2017 di RSAL Dr. Ramelan Surabaya.

“Hari ini hanya screning saja dan kegiatan ini terselenggara antara Kodim Pamekasan dengan FKUB Pamekasan,” kata Pasi Intel Kodim 0826 Pamekasan Kapten Darminto dalam rilis yang disampaikan kepada media di Pamekasan, Sabtu (18/3/2017).

Hadir dalam acara screening operasi katarak diantaranya Dandim 0826/ Pamekasan yg diwakili oleh Pasiter Kapten Arh Ariman Aditiawarman SH, Tim medis dari RSAL Dr. Ramelan Surabaya pimpinan dr Empi dan dr Rini, Mudakkir, Sekretaris FKUB Pamekasan dan Peserta Screening Operasi Katarak sebanyak 330 orang dari 3 Kabupaten ( Pamekasan, Sampang dan Sumenep)

Kegiatan Screening Katarak yang dilaksanakan sekira pukul 08.00 Wib diawali dengan pendaftaran para peserta/pasein operasi katarak di halaman depan Aula Kodim 0826/Pamekasan oleh petugas yang telah ditunjuk dari anggota Kodim 0826/Pamekasan, mencatat peserta/pasien Operasi Katarak dengan melampirkan beberapa persyaratan diantaranya Foto copy KTP 1, Foto copy KK dan Foto copy SKTP / Surat Keterangan Tidak Mampu ditanda tangani oleh Kepala Desa setempat.

Pelaksanaan Screening Katarak di Pimpin oleh dr. Empi dari RSAL Dr. Ramelan Surabaya beserta beserta 4 orang tim dokter lainya.

Satu persatu pasien dicek secara bergiliran oleh tim dokter untuk menentukan pasein positif atau negatif terkena Katarak. Pasien yang dinyatakan positif katarak maka diberi tanda serta dilakukan pendataan secara lengkap biodata pasien, bila pasien yang sesudah dicek ternyata bukan katarak maka dipersilahkan untuk kembali pulang.

Setelah dilakukan pemisahan terhadap pasie antara yang positif dan negatif katarak, langkah selanjutnya dilakukan pengecekan darah dengan maksud agar diketahui jenis darah dan penyakit apa yang diderita oleh pasen.

Pasien positif katarak selanjutnya dilakukan pengecekan mata kembali oleh tim medis dengan menggunakan alat deteksi / komputer agar diketahui berat dan ringannya jenis katarak yang diderita pasien.

Pasien yang telah melalui Screening diberikan surat keterangan untuk melanjutkan operasi ke RSAL Dr. Ramelan Surabaya sesuai dengan tanggal dan waktu yang sudah ditentukan. (MADURAKU.COM-1)

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.