Produksi Garam Madura Capai 914.484 Ton

Buruh angkut garam, mengangkut garam dari tambah garam menuju lokasi penampungan atau gudang garam.

Buruh angkut garam, mengangkut garam dari tambah garam menuju lokasi penampungan atau gudang garam.

Produksi garam di Pulau Madura pada musim produksi tahun 2015 mencapai 914.484 ton, dari empat kabupaten di wilayah itu dengan jumlah produksi terbanyak di Kabupaten Sampang, yakni mencapai 466.200 ton.

Terbanyak kedua Kabupaten Sumenep, yakni sebesar 229.548 ton, dan Kabupaten Pamekasan menempati urutan ketiga, yakni 199.356 ton. Sedangkan Kabupaten Bangkalan sebanyak 19.380.

Data produksi garam Madura 2015 ini disampaikan Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Provinsi Jawa Timur Arief Tri Hardjoko dalam seminar nasional bertajuk “Madura Update 2015” di kampus Universitas Madura (Unira) Pamekasan belum lama ini pada 11 April 2015.

Khusus di Kabupaten Pamekasan, jumlah produksi garam 2015 meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 89.282,5 ton.

“Peningkatan produksi garam ini, berkat keberhasilan program usaha garam rakyat (pugar) yang telah dicanangkan pemerintah selama ini,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pamekasan Nurul Widiastutik seperti dilansir Kantor Berita Antara Senin (11 April 2016).

Menurutnya, produksi garam sebanyak 199.356 ton itu, dari total lahan seluas 1.796 hektare yang tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Pademawu, Galis dan Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

Dari jumlah itu, seluas 910,95 hektare diantara merupakan lahan dengan program usaha garam rakyat (pugar) yang dikelola oleh 170 kelompok usaha garam rakyat (kugar) dengan jumlah petambak sebanyak 1.440 orang.

Garam merupakan salah satu potensi ekonomi unggulan di Pulau Madura, selain perikanan tangkap dan budidaya, pertanian padi, jagung, kedelai, peternakan sapi, tanaman tembakau, tebu dan batik tulis Madura.

Oleh karenanya itu, Madura juga dikenal sebagai Pulau Garam, karena produksi garam Madura mampu memasok hingga 70 persen dari hasil produksi garam nasional. (Maduraku.Com-1)

Advertisements

One thought on “Produksi Garam Madura Capai 914.484 Ton

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s