Tentang Maduraku

oleh Sebar Tweet

Situs dengan laman MADURAKU.COM ini merupakan media informasi di Pulau Madura. Media ini merupakan Pusat Informasi Madura, sebagai referensi bagi semua pihak yang berkepentingan mengetahui dan menggali tentang potensi dan banyak hal lainnya tentang Madura. Media ini dimaksudkan sebagai media komunikasi, sekaligus media promosi, potensi-potensi yang ada di Pulau Madura dalam banyak hal, baik potensi alam, seni budaya, pariwisata, ekonomi dan potensi-potensi lainnya yang perlu disampaikan kepada publik. MADURAKU.COM ini juga menyajikan informasi hasil olah dan temuan jurnalis di lapangan dari sudut pandang berbeda, dengan sajian informasi lebih lengkap, dan berbasis data, sehingga akan membuka cakrawala berpikir bagi pembaca untuk mengetahui dan menganalisasi informasi dari sudut pandang kritis. MADURAKU.COM ini juga menyajikan artikel dengan rujukan sumber berita dari sejumlah media publik, sehingga diharapkan akan membuat wawasan pembaca lebih lengkap mengenai banyak hal yang kami sajikan.

Awalnya, MADURAKU.COM merupakan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dikelola oleh kalangan profesional, dan praktisi media, akademisi serta blogger di Pulau Madura yang merasa terpanggil untuk ikut menyampaikan informasi mengenai potensi yang ada di Pulau Garam ini secara faktual, utuh, mendidik, sehingga bisa menjadi refensi pengetahuan tentang Madura yang sebenarnya. Tujuannya untuk membuka cakrawala berpikir rakyat Madura lebih luas, kritis, mandiri, antipatronase dan berwawasan kebangsaan yang senantiasan menjunjung nilai-nilai keadaban dan etika ilmiah. Selain menyajikan data dan informasi tentang Madura, MADURAKU.COM juga menyiarkan beragam jenis kejadian menarik dalam bentuk berita, hasil rangkuman para blogger dan jurnalis yang ada di Pulau Garam tersebut.

Akan tetapi dalam perkembangannya, personel yang tergabung dalam kelompok ini memandang perlu untuk meresmikan media ini sebagai media massa yang berbadan hukum sesuai dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, agar media ini bisa menjadi referensi ilmiah, legal dan bertanggung jawab secara konstitusional dalam penyajian kontens informasi yang dipublikasikan kepada publik. Maka pada 16 Agustus 2019 atau sehari sebelum peringatan detik-detik Proklami Kemerdekaan RI, MADURAKU.COM disahkan menjadi media massa sebagaimana Keputusan Menteri Hukum dan HAK Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-0040603.AH.01.01.TAHUN 2019 tentang PENGESAHAN PENDIRIAN BADAN HUKUM PERSEROAN TERBATAS PT MADURAKU LANCAR MEDIA yang ditanda tangani oleh Cahyo Rahadian Muzhar, S.H., LLM, atas nama Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum.


Melalui situs MADURAKU.COM ini kami juga menyediakan menu informasi yang meliputi, Peristiwa, Politik, Pendidikan, Ekonomi, Olahraga, Siara Pers, Kliping Media, Wisata Madura, Data Madura, Catatan Kita dan Serba-Serbi.

Peristiwa, menyajikan informasi mengenai kejadian/peristiwa yang terjadi di Madura yang bersumber pada sejumlah media, atau hasil laporan tim blogger MADURAKU.COM di empat kabupaten yang ada di Pulau Madura, seperti Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Kabupaten Sumenep.

Politik, menyajikan informasi seputar politik di Madura, baik tentang kebijakan politik yang dilakukan pemerintah, partai politik ataupun kegiatan politik yang dilakukan masyarakat di Pulau Madura.

Pendidikan, menyajikan informasi seputar lembaga pendidikan, kegiatan pendidikan, ataupun kebijakan pemerintah di empat kabupaten di Madura mengenai pendidikan.

Ekonomi, menyajikan informasi terkait ekonomi masyarakat Madura, usaha ekonomi masyarakat Madura, atau jenis kegiatan usaha yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi Madura, mengkaji potensi ekonomi masyarakat Madura dan berita ekonomi lainnya yang berkaitan dengan Madura.

Olahraga, menyajikan informasi seputar dunia olahraga di kalangan masyarakat Madura, dan jenis-jenis olahraga yang diminati masyarakat Madura, perkembangan dunia olahraga di Pulau Madura, termasuk olahraga populer yang kini diminati masyarakat Madura yang bisa mengangkat harkat dan martabat rakyat Madura.

Siaran Pers, menyajikan informasi tentang berbagai jenis kegiatan yang dirilis masyarakat, organisasi kemasyarakat, lembaga pendidikan, perguruan tinggi, orgganisasi kemahasiswaan atau institusi pemerintah yang dipandang perlu untuk dipublikasikan agar diketahui dan dibaca oleh masyarakat.

Wisata Madura, menyajikan informasi seputar objek wisata yang ada di empat kabupaten di Pulau Madura, mulai dari Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Kabupaten Sumenep. Sumber informasi di menu abjek Wisata Madura ini bisa melalui laporan secara langsung jurnalis dan bekerja sama dengan  komunitas blogger di Madura ataupun dengan merujuk kepada pemberitaan media di situs-situs online dan blogger lain yang menyajikan informasi tentang Wisata Madura, yang bisa dipertanggung jawabkan.

Serba-Serbi, menyajikan informasi seputar kegiatan dan kejadian unik, berita ringan akan tetapi dianggap penting oleh admin MADURAKU.COM untuk disajikan kepada pembabaca, serta peristiwa lain yang dianggap perlu dan penting untuk disampaikan menurut subjektivitas admin MADURAKU.COM.

Data Madura, menyajikan informasi tentang data-data di empat kabupaten di Madura, seperti data potensi ekonomi, data pendidikan, data kemiskinan, dan data-data potensial lainnya yang dipandang perlu untuk disampaikan sebagai referensi akademik ataupun penelitian yang dilakukan oleh para akademisi tentang Madura.

Menu Catatan Kita, merupakan catatan dari admin MADURAKU.COM yang bersumber dari sejumlah media, data institusi yang dirilis melalui situs institusi dan dipandang penting untuk bahan kajian, ataupun sumber informasi bagi masyarakat Madura, dan liputan langsung di lapangan oleh jurnalis media ini.

Sementara pada menu Tokoh Madura, menyajikan informasi tentang profil sejumlah tokoh Madura baik akademisi, budayawan, seniman, ataupun tokoh Madura yang bekerja di bidang birokrasi pemerintah dan memiliki kontribusi pisitif pada pembangunan dan kemajuan Madura, loyal dan memiliki komitmen ke-Madura-an yang tidak diragukan. Menu tentang Tokoh Madura ini dimaksudkan, agar bisa menjadi teladan dan acuan bagi generasi muda Madura di empat kabupaten, serta refensi masa depan yang lebih (TIM MADURAKU.COM)