Pelabuhan Kalianget Rusak, Pemkab Sumenep Klaim Bukan Tanggung Jawabnya

oleh -
Foto: Jembatan jalan kaki di pelabuahn Kalianget yang ambruk.

Maduraku.Com, Kondisi dermaga dipelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, ujung timur Pulau Madura sungguh sangat memprihatinkan. Kondisi dermaga yang sudah hampir roboh tersebut merupakan tempat untuk berlabuh bagi armada kapal yang melayani rute kapal jurusan ke Pulau Masalembu, Raas, Sapudi dan Situbondo (Pelabuhan Jangkar).

Dipelabuhan itu, terlihat kondisi tempat jalan bagi penumpang sudah miring, dan tak lagi digunakan karena khawatir akan roboh. Kayu yang biasa dilewati oleh penumpang sudah banyak yang ambruk, serta besi sebagai penyangga juga terlihat telah berkarat.

Subhan (41), warga Desa Kalianget yang saat itu berada disekitar Pelabuhan Kalianget mengungkapkan. Rusaknya pelabuhan ini menurutnya sudah lama, sementara dari pemerintah sampai saat ini masih enggan untuk memperbaikinya.

“Sudah lama itu mas, saya khawatir pelabuhan ini nanti roboh mas, apalagi sekarang musim hujan ombaknya tinggi,” ungkap Subhan saat diwawancarai oleh media maduraku.com
Senin, (6/12/2019).

Tak sampai disitu saja, rusaknya fasilitas dermaga pelabuhan Kalianget juga mendapat tanggapan dan kritikan dari salah satu Anggota DPRD Sumenep, Indra Wahyudi.
Menurutnya, kondisi dan fasilitas pelabuhan yang sudah hampir roboh tersebut harus segera diperbaiki.

“Memang sepantasnya yaitu segera diperbaiki, karena kondisinya sudah sangat memprihatinkan,” (ungkap Indra saat ditemui diruangannya Komisi II, Senin 6/01/2019).

Lebih lanjut, Indra menambahkan, dari manapun anggarannya untuk pemeliharaan dan perbaikan tempat labuh dermaga di Kalianget tersebut harus menjadi prioritas.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep melalui Kabid Prasarana, Dadang Dedi Iskandar saat ditemui dikantornya. Pihaknya mengaku bahwa perbaikan pelabuhan itu bukan tanggung jawab dan kewenangan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, melainkan sudah kewenangan Provinsi.

“Tidak ada, itu karena merupakan asetnya dari Kementrian. Jadi nanti yang bertanggung jawab untuk perbaikan dermaga pelabuhan Kalianget itu adalah dari pihak Kementrian,” (dalihnya, dan berusaha menghindar dari kejaran media).

Lebih lanjut dirinya juga mengungkapkan, Pemkab Sumenep hanya menfasilitasi membantu menginformasikan kepada Kementrian bahwa kondisi pelabuhan di Kalianget segera diperbaiki. (Di/Ji/MADURAKU.COM)