Soal DAK, Pemuda Ganding Serius Akan Tempuh Jalur Hukum

oleh -
Foto: kantor Dinas Pendidikan Sumenep

MADURAKU.COM, Berawal dari temuan dilapangan tentang fakta fisik suatu bangunan sekolah penerima Rehabilitas Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2019, sejumlah pemuda yang mengatas namakan Komunitas Pemuda Blok Barat (KERAT) mendatangi kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep.

Kordinator Komunitas Pemuda Blok Barat, Zainurrozi menjelaskan maksud kedatanganya pada kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep terkait dengan kejanggalan sekolah penerima DAK tahun 2019.

Di lapangan terdapat bangunan sekolah yang kami anggap masih layak dan bagus, ternyata bangunan tersebut dibongkar untuk direhap, setelah kami telusuri program tersebut bersumber dari DAK tahun 2019“, paparnya. (06/11/2019).

Pemuda asal Ganding tersebut juga mengatakan akan melakukan kajian lebih serius atas temuannya, karena mereka berasumsi terdapat praktik Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN) dalam proses Validasi Data yang di setorkan pada Kementrian Pendidkan dan Kebudayaan RI.

Nanti kami akan mengkaji temuan kita denga mendatangkan pakar hukum, apakah didalam proses pengajuan sampai validasi data terdapat praktik KKN, atau Penyalahgunaan Wewenang dari Disdik kabupaten Sumenep sebagai fungsi monitoring dan validasi data, itu yang akan kami ungakap dalam waktu dekat, jika dari hasil kajian terdapat Penyalahgunaan wewenang dan KKN maka kami akan menempuh jalur hukum yang berlaku“. Tambah Zainurrozi.

Sementara penjelasan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep pada saat audiensi berlangsung, mengenai Program DAK yang bersumber dari APBN untuk tahun ini adalah pengajuan pada tahun sebelumnya dan yang menentukan adalah pusat, Disdik hanya sebagai Fasilitator, monitoring dan Validasi data.

Jika ditanya mengenai DAK, kami disini hanya sebagai fasilitator, dan monitoring untuk validasi data akhir, yang memiliki kewenangan untuk menetapkan siapa yang berhak menerima DAK adalah pusat”. Ujar Sunarto, Kabid Pembinaan Sekolah Menengah Pertama 06/11/19. (Ro/Ji/MADURAKU.COM)