Madura United Taklukkan Barito Putra 0-1

oleh -

MADURAKU.COM – Barito Putera harus menelan kekalahan saat menjamu Madura United di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, pada pekan kedua Liga 1 2019, Jumat (24/5/2019) malam dengan skor akhir 0-1.

Andik Vermansah, menjadi penentu kemenangan klub sepak bola berjuluk “Laskar Sape Kerap” ini, dan kemenangan atas Barito Putera ini merupakan kemenangan laga tandang kedua, setelah sebelumnya Madura juga berhasil menaklukkan Persela Lamongan dengan skor akhir 1-5.

Bermain sebagai tim tamu, Madura United lebih dulu mendapatkan peluang. Pada menit pertama tendangan bebas Andik Vermansah dari sisi kiri nyaris berbuah gol andai bisa diteruskan oleh Jaimerson Xavier.

Dua menit kemudian Barito Putera balik mengancam melalui pemain asing mereka, Rafael Silva. Namun sepakan pemain asal Brasil itu berhasil diamankan pemain-pemain Madura United.

Barito kembali mengancam pada menit ke-20 lewat pemain jebolan timnas U-19 Indonesia, Paulo Sitanggang. Ia melepaskan tembakan, tapi masih melambung di atas gawang Madura United.

Pada menit ke-27 Madura United membalas menyerang, namun Aleksandar Rakic yang mendapat umpan crossing gagal menyundul bola ke gawang Barito.

Setelah peluang tersebut terjadi keributan di tengah lapangan, antara Andik Vermansah dengan Evan Dimas. Para pemain Barito mengerubungi Andik Vermansah. Tapi wasit yang bertugas langsung melerai pemain kedua tim dan memberikan kartu kuning untuk Andik.

Pertandingan berlangsung keras hingga pengujung babak pertama, total empat kartu kuning dikeluarkan wasit. Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor tetap imbang 0-0.

Samsul Arif dimasukkan oleh pelatih Jacksen F Tiago untuk menambah daya gempur Barito Putera. Tapi kehadiran Samsul bukan memperkuat Barito Putra, namun membuat tim semakin lemah, bahkan “Laskar Antasari” ini justru harus kebobolan pada menit ke-59, melalui aksi individu yang ciamik dari sisi kiri, Andik Vermansah. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Madura United.

Tim tuan rumah seakan tersengat, dan serangan bertubi-tubi dilancarkan pada menit ke-67. Prisca Womsiwor, Samsul Arif, dan Evan Dimas mendapat peluang, namun masih gagal menembus jaring Madura United.

Pada menit ke-70 tendangan bebas Evan Dimas juga mengancam gawang yang dijaga oleh Muhammad Ridho, namun masih melambung di atas mistar.

Sebaliknya, Andik Vermansah nyaris mencetak gol kedua pada menit ke-85 andai Riyandi tak piawai menyelamatkan gawangnya.

Satu menit setelah peluang Andik, tendangan efek Aleksandar Rakic juga nyaris membobol gayang Barito Putra, akan tetapi masih bisa ditepis oleh Riyandi dengan penyelamatan akrobatik. Hingga laga berakhir, skor 1-0 untuk kemenangan Madura United tetap bertahan.

Dengan hasil tersebut “Laskar Sape Kerrab” untuk sementara menduduki puncak klasemen Liga 1 2019 dengan enam angka dari dua laga.

Madura United unggul dengan selisih 1 gol dari PSM Makassar yang duduk di peringkat kedua. Sedangkan Barito Putera, berada di posisi ke-12 dengan satu poin dari dua pertandingan.

SUSUNAN PEMAIN
Barito Putera (4-2-3-1): 16-Muhammad Riyandi; 28-Andri Ibo (14-Nazar Nurzaidin 64′), 3-Artur Vieira, 47-Donny Monim, 5-Roni Beroperay; 17-Paulo Sitanggang, 4-Lucas Silva; 8-Prisca Womsiwor (23-Ady Setiawan 77′), 6-Evan Dimas, 26-Rizky Pora (9-Samsul Arif 55′); 10-Rafael Silva, dengan pelatih, Jacksen F Tiago.

Madura United (4-4-2): 20-Muhammad Ridho; 22-Marckho Sandi, 21-Fandry Imbiri (26-Fachrudin Aryanto 84′), 5-Jaimerson Xavier, 6-Rendika Rama; 4-Asep Berlian, 35-Zulfiandi, 27-Andik Vermansah, 11-Greg Nwokolo (16-Alfath Fathier 90+1′); 90-Alberto Goncalves (2-Guntur Ariyadi 79′), 9-Aleksandar Rakic, dengan pelatih Dejan Antonic. (MADURAKU.COM)