Persediaan darah di Madura Diperkirakan Cukup Selama Ramadhan

oleh -
Kegiatan donor darah yang dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan selama Ramadhan di depan rumah dinas Dandim 0826 Pamekasan.

MADURAKU.COM – Persediaan darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) di Pulau Madura yang ada di Kabupaten Pamekasan diperkirakan cukup hingga Lebaran 2019.

Menurut Kepala UTD PMI Pamekasan Achmad Syafirullah, saat ini darah yang tersedia di PMI Pamekasan sebanyak 433 kantong.

“Jumlah ini dari berbagai jenis golongan, mulai dari golongan darah A, B, O, dan golongan darah AB,” katanya kepada wartawan di kota itu, Rabu (22/5/2019).

Untuk golongan darah A, kata dia, saat ini tersedia sebanyak 141 kantong, golongan darah B sebanyak 80 kantong, dan golongan darah O sebanyak 153 kantong. “Kalau golongan darah AB, saat ini tersedia sebanyak 59 kantong,” katanya.

Kepala UTD PMI Pamekasan Achmad Syafirullah menyebutkan jumlah darah akan terus fluktuatif mengingat sampai saat ini pihaknya masih terus melalukan donor darah.

“Donor yang kami gelar pada malam hari. Cara ini guna menyiasati kekurangan darah yang biasa terjadi saat Ramadan 1440 Hijriah,” katanya.

Donor darah oleh UTD PMI Pamekasan selama Ramadan ini bekerja sama dengan Kodim 0826 Pamekasan, bahkan tempat donor di depan rumah dinas Dandim Pamekasan. (MADURAKU.COM)