Warga 20 Dusun di Bangkalan Tanpa Aliran Listrik

MADURAKU.COM – Sebanyak 20 dusun di Kabupaten Bangkalan belum mendapatkan jaringan listrik hingga saat ini. PT PLN setempat menyebut akses menyuplai listrik sulit. Kendati memungkinkan, itupun belum maksimal.

Manajer PT PLN (Persero) Rayon Bangkalan Umar Arif menyampaikan, untuk listrik di 281 desa/kelurahan di Bangkalan sudah 100 persen teraliri. Tetapi, masih ada sekitar 20 dusun yang belum dilengkapi jaringan listrik. 20 dusun tersebut tersebar di tiga Kecamatan yakni Klampis, Sepulu, dan Geger. “Rata-rata semua desa sudah teraliri listrik. Namun, kualitasnya memang masih kurang bagus,” katanya.

Ada beberapa kendala menyuplai listrik ke seluruh pelosok di Bangkalan. Di antaranya masih ada masyarakat yang belum mau kerja sama. Seperti akses pemasangan kabel terkendala oleh pohon milik masyarakat. Sedangkan pohon tersebut tidak boleh ditebang. “Masyarakat kadang tidak setuju kami mau menancapkan tiang. Pohonnya kami minta potong, tapi keberatan,” jelasnya.

Umar mengklaim, PLN sudah lama melakukan upaya pemerataan kelistrikan. Setiap tahun diprogramkan. Jika di daerah tertentu tidak bisa dipasang, dialihkan ke daerah lain. “Setelah semua desa teraliri, selanjutnya merambah ke dusun. Jadi tinggal memastikan semua dusun sudah teraliri listrik,” paparnya.

Target 2019, kata Umar, semua dusun di Bangkalan teraliri listrik. Untuk program nasional, katanya, pada 2020 semua daerah di Indonesia sudah teraliri listrik. Umar mengatakan di Bangkalan terdapat tiga rayon. Yakni PLN Rayon Bangkalan, Blega, dan Kamal. Sementara beberapa kecamatan di Bangkalan ada juga yang dipasok listrik dari rayon lintas kabupaten.

PLN Rayon Bangkalan sebatas melayani kelistrikan untuk 10 kecamatan. Yakni, Bangkalan, Arosbaya, Socah, Klampis, Sepulu, Tanah Merah, Tragah, Burneh, Geger, dan Galis. (yus/mas)

”Ada juga sebagian kecamatan ikut ke kami. Tapi, sebagian besar dari kecamatan itu ikut ke rayon-rayon lain. Untuk daerah Bangkalan utara sudah ikut Rayon Ketapang,” katanya. (MADURAKU.COM)

Baca Juga Berita Lainnya:

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.