Proyek Senilai Rp1,5 Miliar di Sampang, Madura Terancam Putus Kontrak

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sampang Moh Hasan Mustofa.

MADURAKU.COM – Kontraktor pelaksana proyek jalan kabupaten di Desa Pamolaan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, terancam putus kontrak jika pengerjaan tahap kedua melebihi tenggang waktu perpanjangan yang telah ditetapkan yakni 50 hari dari masa perpanjangan.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sampang Moh Hasan Mustofa, mengatakan sanksi putus kontrak akan diberikan kepada CV Eka Jaya Perkasa asal Surabaya, selaku pihak rekanan dalam pengerjaan proyek senilai Rp 1,5 miliar tersebut. Sebab, hingga saat ini pengerjaan masih sekitar 40 persen.

“Tak hanya diputus kontrak, sanksi yang akan diberikan terhadap rekanan adalah diblack list,” tegas Hasan Mustofa ditemui dikantornya, Senin (23/7/2018).

Kata Hasan, saat ini kegiatan rehabilitasi peningkatan struktur jalan Desa Batukarang – Desa Pamolaan itu masih berhenti karena ada perbaikan Batching Plant beton.

“Sempat trayel awal Juni kemarin hanya ada kerusakan makanya diperbaiki lagi, dalam waktu dekat akan kembali dikerjakan,” jelasnya.

Dirinya menuturkan, berakhirnya kontrak kerja dengan kontraktor, proyek tersebut harus tuntas pada 25 Juni 2018 kemarin dari awal pengerjaan bulan Maret. Namun, pihak rekanan mengajukan perpanjangan waktu pengerjaan sebelum berakhirnya kontrak.

Menurutnya, pemberian perpanjangan waktu kontrak berdasarkan Perpres 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagaimana telah diubah terakhir dengan Perpres Nomor 4 Tahun 2015, pemberian kesempatan menyelesaikan pekerjaan maksimal 50 hari kalender.

“Tapi kontraktor akan dikenai denda dan penalti 1/1.000 dari bagian nilai kontrak setiap harinya, kalau sekarang sudah 25 hari dari masa perpanjangan,” tuturnya.

Sekedar diketahui, pagu anggaran kegiatan rehabilitasi peningkatan struktur jalan Desa Batukarang – Desa Pamolaan itu mencapai Rp 1,5 miliar. Dalam proses lelang dimenangkan oleh CV Eka Jaya Perkasa dengan nilai HPS Rp1.468.757.900. (MADURAKU.COM)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.