Dua Dapil di Pamekasan Mengalami Perubahan Jatah Kursi

Ketua Tim Pemengan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan dari pasangan Badrut Tamam – Raja’ie (Berbaur) saat menerima berkas hasil penelitian yang diserahkan langsung oleh Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah, Rabu (17/1/2018)

MADURAKU.COM – Jatah kursi daerah pemilihan (dapil) di Pamekasan, Madura untuk Pemilu 2019 berubah, yakni di dapil 3 yang meliputi Kecamatan Waru, Batumarmat dan Kecamatan Pasean serta dapil 4 yang meliputi Kecamatan Pegantenan, Kadur dan Kecamatan Pakong.

Menurut Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah di Pamekasan, perubahan itu disesuaikan dengan sistem penentuan suara yang diterapkan pada pemilu 2019 ini.

“Pada pemilu sebelumnya, jatah kursi di dapil 3, jumlah kursi yang diperebutkan sebanyak 10 kursi, sedangkan pada pemilu 2019 nanti berubah menjadi 9 kursi,” ujar Hamzah kepada media, Kamis (12/7/2018)

Sedangkan di dapil 4, jumlah kursi yang diperebutkan pada pemilu legislatif 2019 sebanyak 10 kursi. Pada pemilu legislatif sebelumnya sebanyak 9 kursi.

“Jadi, satu dapil bertambah, yakni dapil 3, dan satu dapil berkurang, yakni dapil 4,” kata Hamzah.

Sedangkan, sambung Hamzah, tiga dapil lainnya tetap, yakni dapil 1 yang meliputi Kecamatan Tlanakan dan Pamekasan memperebutkan sebanyak 8 kursi, dapil 2 (Proppo dan Palengaan) sebanyak 9 kursi, dapil 5 (Kecamatan Pademawu, Larangan, dan Kecamatan Galis) memperebutkan sebanyak 9 kursi.

Ketua KPU Moh Hamzah menyatakan, telah menyampaikan sosialisasi tentang ketentuan perubahan dapil tersebut kepada para pengurus partai politik peserta Pemilu 2019.

“Para pengurus partai telah memahami ketentuan ini, termasuk perubahan jumlah kursi yang akan diperebutkan di dapil 3 dan 4 itu,” katanya.

Partai politik yang akan menjadi peserta pemilu pada pemilu legislatif 2019 di Kabupaten Pamekasan ini meliputi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan nomor urut 1, Partai Gerindra dengan nomor urut 2, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan nomor urut 3, Partai Golkar dengan nomor urut 4 dan Partai Nasional Demokrat dengan nomor urut 5.

Selanjutnya Partai Garura dengan nomor urut 6, Partai Berkarya dengan nomor urut 7, Perindo (9), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan nomor urut 10, PSI (11), PAN (12), Hanura (13), Partai Demokrat (14), Partai Aceh (15), Partai Sira Aceh (16), Partai Daerah Aceh (17), Partai Nanggroe Aceh (18) dan Partai Bulan Bintang (PBB) dengan nomor urut 19.

Menurut Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah, dari 19 partai politik peserta pemilu yang akan digelar April 2019 itu, hanya 15 partai yang memiliki perwakilan di Pamekasan.

“Sebab, kalau Partai Aceh itu `kan khusus daerah Aceh saja. Di Pamekasan tidak ada perwakilannya,” ujar Hamzah. (MADURAKU.COM)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.