Ketentuan Liputan Debat Publik Pilkada Pamekasan 21 Juni 2018

MADURAKU.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan akan kembali menggelar debat kandidat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan pada 21 Juni 2018 di aula Hotel Odaita, Pamekasan, dan debat ini akan disiarkan secara langsung oleh JTV Madura.

Bagi media yang hendak menugaskan wartawannya untuk meliput kegiatan tersebut, harus terlebih dahulu mendaftar ke alamat email yang telah disediakan KPU Pamekasan untuk mendaftarkan Id Card dan akses masuk ke area kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Wartawan dan media yang masuk dalam daftar liputan ini adalah yang bekerja di media berbadan hukum resmi (legal) sebagaimana ketentuan UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers dan ketentuan perundang-undangan lainnya seperti pedoman media siber untuk media dalam jaringan (daring/online)
  • Satu media hanya bisa mengajukan satu orang wartawan untuk liputan kegiatan Debat Kandidat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan yang akan digelar 21 Juni 2018 di Hotel Odaita Pamekasan yang disiarkan live oleh JTV Madura.
  • Jika dalam satu media terdapat dua atau lebih wartawan, maka diutamakan yang telah mengikuti dan lulus uji kompetensi wartawan (UKW) atau uji kompetensi jurnalis (UKJ).
  • Diutamakan wartawan yang bergabung dengan salah satu organisasi profesi wartawan yang telah diakui oleh dewan pers, yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) atau Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), atau yang tergabung dengan paguyuban wartawan/jurnalis lokal Pamekasan.
  • Media non-mainstream yang hendak mengirimkan wartawannya untuk meliput kegiatan debat kandidat ini, dan tidak tergabung dalam tiga organisasi profesi wartawan nasional (PWI, AJI dan IJTI) harus menyertakan bukti berupa foto kopi badan hukum dari perusahaan media tersebut.
  • Nama wartawan dan media terdaftar akan diberi Id Cart khusus oleh panitia dan data wartawan dan media terdaftar akan dipegang oleh petugas keamanan di pintu masuk kegiatan debat kandidat sebagai seleksi masuk ruang kegiatan debat dari aparat keamanan berdasarkan data terdaftar.
  • Wartawan yang hendak melakukan liputan, hendaknya memperhatikan kode etik profesi, dalam beberapa ketentuan, antara lain, saat konferensi pers, ataupun saat wawancara cegat dengan narasumber dan memperhatikan berbegai jenis ketentuan yang ditetapkan panitia penyelenggara demi kenyatamanan semua pihak.
  • Pengajuan pendaftaran hendaknya ditujukan ke alamat email: kpupamekasan2017@gmail.com, paling lambat hingga Rabu (20/6/2018) pukul 16.30 WIB, dengan ketentuan menyertakan foto kopi Id Card pers, menyebutkan organisasi profesi wartawan yang diikuti, dan atau paguyuban wartawan, serta foto kopi badan hukum media untuk media non-mainstream (media mainstream yang dimaksud disini adalah media yang terdata di Dewan Pers dan telah dipercaya oleh Dewan Pers untuk menyelenggarakan uji kompetensi wartawan, yakni 18 media dan 3 organisasi profesi wartawan). (KPU PAMEKASAN)
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.