PWI-MA Darul Ulum MOU tentang Pendidikan Jurnalistik

MADURAKU.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan menjalin kerjasama dengan ‘Paker Revolution’ Madrasah Aliyah (MA) Darul Ulum Banyuanyar dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis santri, khususnya dalam bidang ilmu jurnalistik.

Kerjasama tersebut dibuktikan dengan penanda tanganan nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antara PWI Pamekasan bersama pihak MA Darul Ulum Banyuanyar yang digelar di auditorium lantai tiga kompleks pesantren yang terletak di Desa Potoan Dheje, Kecamatan Palengaan, Kamis (15/3/2018) malam.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz yang diwakili Sekretaris Lutfi Alwi menandatangani nota kesepakatan. Sementara pihak MA Darul Ulum Banyuanyar diwakili salah satu dewan asatidz atas nama Kepala MA Darul Ulum Nur Akbar.

“Kerjasama ini merupakan yang ketujuh bagi PWI Pamekasan bersama berbagai lembaga pendidikan, semoga dengan ini bisa terus terjalin sinergitas khususnya dalam aspek dunia jurnalistik,” kata Lutfi Alwi.

Tidak hanya itu, pihaknya juga komitmen untuk merealisasikan berbagai poin yang sudah dijadikan sebagai kesepakan antar kedua pihak.

Terlebih memang sudah menjadi komitmen awal organisasi profesi yang dipimpinnya untuk berbagai keilmuan dalam bidang jurnalistik kepada para siswa, santri maupun masyarakat secara umum.

“Memang dari awal orientasi kami ingin menciptakan masyarakat agar melek media, terlebih selama ini banyak hal yang berhubungan dengan pemberitaan justru lepas tak terkendali. Sehingga dibutuhkan pemahaman untuk mengetahui agar bisa memilah dan memilih mana yang baik atau tidak,” ujarnya, menjelaskan.

MA Darul Ulum dan PWI Pamekasan berkomitmen bekerja sama dalam hal pelatihan dan pendidikan jurnalistik, dan akan menjadi pilot projeck program melek media yang dicanangkan PWI Pamekasan.

Sistem pendidikan setiap seminggu sekali, yakni setiap hari/malam Jumat. Pengurus PWI menggelar pelatihan di pesantren itu tentang jurnalistik, mulai teori hingga praktik, sehingga para santri paham tentang jurnalistik dan bisa mempraktikkannya.

“Saat ini kami sedang menyusun silabur materi, dan teman-teman PWI nantinya akan mengajar secara bergantian disana,” ujar Lutfi.

Sementara salah satu dewan asatidz MA Darul Ulum Banyuanyar menyampaikan terima kasih kepada jajaran pengurus PWI Pamekasan yang sudah memberikan peluang dan kesempatan untuk bersama-sama memberikan pendidikan jurnalistik kepada para santri.

“Terima kasih kami sampaikan, semoga kerjasama ini menjadi penerang bagi para santri untuk lebih giat belajar khususnya dalam bidang menulis,” pungkasnya.

Saat ini tercatat beberapa lembaga yang sudah menjalin kerjasama dengan PWI Pamekasan, di antaranya MTsN Sumber Bungur, Masyarakat Madani Sumber Bungur, STAI Al-Khairat Pamekasan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sumber Anyar Pamekasan, STAIN Pamekasan dan Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan. (MADURAKU.COM)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.