PPK Pakong Libatkan 80 Orang Petugas Coklit

Petugas coklit, PPS, PPK dan Forpimka Pakong saat apel coklit serentak nasional di Pendopo Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan.

MADURAKU.COM – Panitia Pemilihan Kecamatan Pakong, Pamekasan melibatkan sedikitnya 80 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pada kegiatan pencocokan dan pemilihan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) untuk pelaksaan Pilkada Pamekasan Pilkada Gubernur Jatim 2018.

Para petugas ini, mulai melakukan coklit sejak Sabtu (20/1/2018) di semua desa yang ada di Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan dengan terlebih dahulu menggelar apel di halaman Pendopo Kecamatan Pakong.

Selain petugas PPDP, sebanyak 36 panitia pemungutan suara (PPS) se-Kecamatan Pakong juga mengikuti apel persiapan coklit yang serentak digelar di 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten di Indonesia.

Apel coklit yang digelar di halaman utama kantor Kecamatan ini dihadiri Forum Pimpinan Kecamatan (FORPIMKA) serta Panwascam Pakong dan berlangsung mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya pematangan teknis pelaksanaan coklit bagi seluruh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih dalam menjalankan tugasnya agar kualitas Daftar Pemilih menjadi semakin baik sesuai dengan Surat Edaran KPU RI Nomor: 60/pl.03.1-50/01/KPU/1/2018.

Pembina apel yang juga Camat Pakong Amiruddin dalam amanatnya menyampaikan bahwa PPDP merupakan elemen penting yang tidak terpisahkan dengan penyelenggara Pilkada dalam hal penyusunan Daftar Pemilih. Tugas utamanyamencocokkan dan meneliti seluruh warga masyarakat yang memiliki hak pilih di wilayah kerjanya.

Pihaknya menambahkan agar nilai-nilai kesopanan dalam pelaksanaan coklit ini harus dikedepankan sehingga tercipta hubungan yang harmonis, komunikatif serta kooperatif.

Sebelum apel coklit dibubarkan, Ketua PPK Pakong Subairi juga menyampaikan arahan kepada seluruh petugas coklit itu agar memperhatikan kelengkapan dokumen coklit yang harus dibawa, ia juga berharap dengan digelarnya gerakan coklit serentak ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pilkada 2018.

“Selamat bertugas, mencocokkan, meneliti dan bekerja,” pasan alumni MAN Jungcangcang Pamekasan ini.

Usai kegiatan apel, seluruh PPDP langsung menuju wilayah kerja masing-masing didampingi PPS. PPK juga memantai secara langsung kegiatan coklit di Kecamatan Pakong tersebut.

“Semoga dengan terselenggaranya kegiatan coklit serentak ini menjadi awal yang baik demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2018 khususnya di Kabupaten Pamekasan dan seluruh Indonesia pada umumnya,” harap Subairi. (RILIS KPU PAMEKASAN)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.