Hasil Tes Kesehatan Bakal Calon Dimumkan Selasa

Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan untuk Pilkada 27 Juni 2018.

MADURAKU.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, akan mengumumkan hasil tes kesehatan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan untuk pilkada 27 Juni 2018, pada Selasa (16/1/2018).

“Ini sesuai dengan jadwal tahapan pelaksanaan pilkada serentak yang telah ditetapkan oleh KPU pusat,” kata Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah kepada media di Pamekasan, Senin (15/1/2018).

Hamzah menjelaskan, ada dua Bakal Pangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan yang mendaftarkan diri ke KPU Pamekasan untuk pilkada 27 Juni 2018, yakni Badrut Tamam-Raja’ie (Berbaur) dan Kholilurrahman-Fathorrahman (Kholifah).

Keduanya, telah mengikuti tes kesehatan, tes bebas narkoba dan psikologi di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr Ramelan Surabaya.

Badrut Tamam-Raja’ie diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Gerindra. [Baca Juga: Raja’ie Ingin Petani Lebih Berdaya]

Sedangkan Kholilurrahman-Fathorrahman diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrat dan Partai Hanura.

Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah menjelaskan, kedua Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan mendaftar di hari terkahir pendaftaran dan berdasarkan pemeriksaan berkas administrasi, keduanya dinyatakan memenuhi syarat pendaftaran.

“Sesuai ketentuan, keduanya harus melengkapi syarat diri calon, yakni sehat jasmani dan rohani, serta tidak pernah terlibat kasus narkoba berdasarkan hasil pemeriksaan dokter,” ujar Hamzah.

Ia mengatakan, pemeriksaan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan Berbaur dan Kholifah ke RSAL DR Ramelan Surabaya, atas saran dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pamekasan, karena di rumah sakat itu memang ditunjuk sebagai tempat pemeriksaan. [Baca Juga: Sharla Martiza Dukung Ra Badrut Tamam Jadi Bupati Pamekasan]

Pemeriksaan kesehatan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan itu meliputi tiga hal, yakni pemeriksaan fisik meliputi USG, pengambilan darah dan lainnya. Sementara tes psikologi meliputi wawancara psikiatri hingga tes tulis MMPI (tes psikologi yang digunakan untuk proses diagnosa gangguan jiwa oleh psikiater, seperti gangguan antisosial, seksual dan jenis kejiwaan lainnya).

Para Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan ini juga harus menjalani tes bebas narkoba yang dipandu langsung oleh tim dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Hari pertama tes, pada Jumat (12/1) para bakal pasangan calon menjalani dua jenis tes berbeda, yakni tes kesehatan dan tes bebas narkoba, dan pada hari kedua yakni Sabtu (13/1) adalah tes psikologi.

Kabupaten Pamekasan merupakan satu dari tiga kabupaten di Pulau Madura yang akan menggelar pilkada serentak pada 27 Juni 2018.

Dua kabupaten lainn di Pulau Madura yang juga akan menggelar pilkada pada hari yang sama adalah Kabupaten Sampang dan Kabupaten Bangkalan. Masing-masing Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dari kedua kabupaten itu juga menjalani pemeriksanaan kesehatan di RSAL Dr Ramelan Surabaya. (MADURAKU.COM)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s