PWI Pamekasan Perkuat Kemitraan dengan Perguruan Tinggi

Penanda tanganan kerja sama antara Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Khairat Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

MADURAKU.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan memperkuat kemitraan dengan sejumlah perguruan tinggi, sebagai upaya meningkatkan wawasan akademik dan pendidikan melek media.

Salah satunya kemitraan dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Khairat Pamekasan. Penanda tanganan kerja sama organisasi profesi wartawan ini digelar di aula kampus itu, Sabtu (6/1/2018).

“STAI Al-Khairat ini merupakan Perguruan Tinggi ketiga yang melakukan nota kesepahaman dengan PWI Pamekasan selain STAIN dan Universitas Islam Madura (UIM),” kata Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Pamekasan Syamsudin.

Penanda tangan kerja sama antara PWI Pamekasan dengan STAI Al-Khairat itu oleh Syamsudin dan dari pihak STAI Al-Khairat oleh Ketua Perguruan Tinggi itu Abd Muin.

Menurut Syamsuddin, kerja sama dengan perguruan tinggi ini penting dilakukan, karena program utama PWI pada upaya peningkatan kualitas wawasan keilmuan.

Disamping itu, dengan adanya kemitraan itu, maka PWI juga bisa berbagi pengalaman wawasan terkait jurnalistik dan memperluas jangkauan pendidikan melek media kepada publik melalui lembaga pers mahasiswa (LPM).

Syamsuddin dalam kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih kepada segenap civitas akademika STAI Al-Khairat karena telah mempercayai PWI sebagai mitra.

“Ini merupakan amanah yang harus kami perhatikan,” ujarnya.

Ia yakin dengan adanya kemitraan itu, maka upaya jangka panjang PWI yang mewujudkan masyarakat melek media, bisa segera tercapai.

“Sebab, persoalan mendasar yang sedang kita alami saat ini maraknya kabar bohong (hoax), akan tetapi dipercaya oleh masyarakat sebagai sumber informasi yang valid. Ini adalah tugas kita semua, dan mari kita perangi secara bersama-sama,” katanya.

Sementara itu, Ketua STAI Al-Khairat Abd Muin mengaku, penting menjalin kemitraan dengan PWI, dengan berbagai pertimbangan.

Selain PWI merupakan organisasi profesi wartawan yang diakui oleh Dewan Pers, juga dengan kemitraan itu, nantinya diharapkan bisa saling mengisi dan membantu untuk kemajuan perguruan tinggi.

PWI Pamekasan merupakan satu dari tiga organisasi profesi wartawan yang diakui oleh Dewan Pers. Dua organisasi lainnya adalah Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

Di Pamekasan menurut Syamsuddin organisasi profesi wartawan yang diakui oleh Dewan Pers baru PWI, sedangkan dua organisasi lainnya belum ada.

Hingga saat ini, PWI Pamekasan telah mengikut sertakan anggotanya mengikuti uji kompetensi wartawan di sebanyak 22 orang dari total 25 anggota yang menjadi anggota organisasi profesi itu.

“PWI juga memberikan beasiswa kepada wartawan berprestasi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, yakni bekerja sama dengan Universitas Airlangga di Surabaya,” ujar Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Pamekasan Syamsuddin. (MADURAKU.COM)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s