Wartawan Surya Berbagi Pengetahuan Jurnalistik di STAIN

Wartawan Koran Harian Surya Muhsin saat menjadi narasumber dalam acara diklat jurnalistik di kampus STAIN Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (9/4/2017)

MADURAKU.COM – Wartawan senior Koran Harian Surya Muhsin berbagai pengetahuan tentang jurnalistik pada hari kedua diklat jurnalistik dasar yang digelar Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Wartawan yang bertugas liputan di Kabupaten Pamekasan memberikan materi tentang teknik penulisan berita features dan merupakan pemateri kedua.

Diklat hasil kerja sama antara STAIN Pamekasan dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan ini ditekankan pada pengetahuan dasar jurnalistik dengan mendatangkan praktisi media secara langsung agar mahasiswa bisa memperoleh gambaran secara jelas.

Dalam kesempatan itu Muhsin memaparkan secara detail tentang teknik-teknis penulisan berita features, bahkan ia membawa contoh berita langsung yang merupakan tulisan dirinya yang pernah dimuat di Koran Harian Surya, tempat ia bekerja.

“Data detail sangat dibutuhkan untuk penulisan berita features, jenis berita ini membutuhkan ketelatenan dan keahlian,” katanya, seperti dilansir situs resmi PWI Pamekasan (www.pwipamekasan.com), Minggu (9/4/2017)

Dihadapan sekitar 40 peserta diklat itu Muhsin juga menjelaskan, disamping data, pengayaan wawasan dengan banyak membaca referensi juga menjadi keharusan.

Saat menyampaikan materi, suasana nampak hidup, bahkan banyak peserta diklat yang mengajukan pertanyaan dalam sesi dialog.

Sebelum Muhsin, pemateri lain yang juga hadir mengisi diklat jurnalistik di hari kedua itu ialah wartawan Koran Harian Kabar Madura Hairul Anam.

Anam menyampaikan materi tentang teknik menulis berita, sesuai dengan prinsip atau kaidah-kaidah jurnalistik.

“Berita yang menarik apabila kita mampu mengambil engle yang menarik dari hasil liputan yang telah kita lakukan di lapangan, disamping harus didukung dengan banyak data,” kata Anam. (MADURAKU.COM-1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s