ANIES-SANDI Harapan Umat dan Bangsa Indonesia

screenshot_2017-02-21-11-44-30-1

MADURAKU.COM – Pilkada Jakarta adalah pesta demokrasi paling kolosal di antara Pilkada lainnya di Indonesia, selain menguras energi dan mengandung daya tarik, politik Jakarta dapat dinilai sebagai miniatur politik-demokrasi Indonesia.

Setelah tiga kandidat berlaga, kini tinggal dua “petarung” yang tersisa, yakni Basuki-Djarot dan Anies-Sandi, sementara Agus-Sylvi harus tersisih di babak “penyisihan”, rakyat Jakarta dan bangsa Indonesia berharap banyak kepada dua pasangan representasi putra terbaik bangsa ini untuk merawat kebhinnekaan Indonesia.

Meski tak dapat kita hindari isu agama dalam demokrasi Jakarta, namun sebaiknya kita sama-sama belajar dari nilai-nilai pluralisme yang sebenarnya, bahwa pluralisme adalah memegang teguh keyakinannya sendiri tanpa mengganggu keyakinan orang lain, begitulah mestinya sikap sebagai bangsa Indonesia.

Bagi kaum muslim, terdapat satu pameo yang mestinya ditanamkan dalam jiwa masing-masing, yaitu:  al-Muslim wal muslim kal bun-yaan yasyuddu ba’dhuhu ba’dhan (antar sesama muslim ibarat bangunan yang saling menguatkan antara satu dengan yang lain).

Kalimat itu pernah ditweet  Prof. Dr. Mahfud MD pada jam .7.27 AM · 15 Apr 2015. Saat ini kalimat itu menemukan relevansi di ruang politik-demokrasi Jakarta.

screenshot_2017-02-21-10-55-02-1Melihat realitas tersebut wajar bila kaum muslim berharap kepada Anies-Sandi untuk memimpin Jakarta demi bangsa Indonesia, begitu juga bagi kaum Kristiani dan masyarakat Tionghoa atau para pendukung, adalah wajar jika mereka allout terhadap Basuki-Djarot.

Yang miris adalah, jika mereka (para kontestan) menjadi “boneka” kelompok tertentu yang secara nyata mengancam keutuhan NKRI dan soliditas keummatan dan kebangsaan kita, semoga saja tidak.

Untuk putra terbaik bangsa Indonesia dalam kontestasi Pilkada Jakarta, semoga Pilkada Jakarta tidak menjadi Machiavellian election. SELAMAT BERDEMOKRASI, salam Bhinneka Tuggal Ika dari Madura (SA_MADURAKU.COM).

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.