APSI Madura Kirim Dua Kadernya Ikuti Pendidikan Advokat di UINSA Surabaya

IMG-20170215-WA0015.jpg
Ketua DPW APSI JATIM, Bapak Ikhwan (kiri) dan Ibu Maisun(tengah) di hadapan peserta PPPA.

MADURAKU.COM-Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Pengacara Syari’ah Jawa Timur (DPW APSI JATIM) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Profesi Advokat (PPPA) bekerjasama dengan Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya sejak tanggal 13 sampai 20 Februari 2017.

Kegiatatan tersebut digelar di kampus UINSA gedung A lantai 3. PPPA adalah salah satu prasyarat untuk menjadi advokat sebagaimana diatur dalam UU No. 18 tahun 2003 yang dikenal dengan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

APSI adalah salah satu organisasi advokat yang memiliki wewenang menggelar pendidikan dan dapat mengangkat kader-kadernya untuk menjadi advokat.

Memperhatikan terbukanya peluang tersebut, dan setelah mencari kader-kader APSI Madura yang berminat ternyata yang bersedia terdapat dua orang sehingga APSI Madura mengirimkan dua kadernya untuk mengikuti PPPA di UINSA atas kerjasama dengan DPW APSI Jawa Timur, yaitu: Bendahara APSI Madura, A. Tajul Arifin, S.H.I.,M.H.I. dan Pengurus Bidang Advokasi & Bantuan Hukum, Nur Hayati, S.H.I.

IMG-20170215-WA0014.jpg

Bendahara APSI Madura, A. Tajul Arifin, S.H.I.,M.H.I. (kanan) dan Pengurus Bidang Advokasi &  Bankum, Nur Hayati, S.H.I. (dua dari kiri) bersama pemateri

Terdapat banyak peluang bagi sarjana-sarjana Syari’ah dan sarjana-sarjana hukum untuk menjadi advokat, namun tentu harus mengikuti proses-proses yang telah diatur menurut UU No. 18 tahun 2003.

Adapun langkah-langkah yang harus diikuti adalah:

Pertama, harus sudah lulus dan/atau sarjana dengan latar belakang pendidikan tinggi hukum, yaitu: Sarjana Fakultas Hukum, Fakultas Syari’ah,  Perguruan Tinggi Hukum Militer atau Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian; Kedua, mengikuti Pendidikan Advokat (PPPA/PKPA); Ketiga, mengikuti Ujian Profesi Advokat (“UPA”); Keempat, mengikuti magang di kantor advokat sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun secara terus-menerus di kantor advokat; Kelima, diangkat dan diambil sumpah oleh Pengadilan Tinggi setempat.

Jika suatu saat saudara menjadi advokat, ingatlah, bahwa saudara wajib membantu kaum miskin dan kaum mustadh’afin secara gratis (prodeo), wajib setia kepada hukum yang berlaku di Indonesia dan tentu berjuang untuk membela, mendampingi dan mempertahankan hak-hak dan kepentingan hukum klien. (SA_MADURAKU.COM).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s