PBB Pamekasan Usulkan Raperda Reklamasi Pantai

Politikus Partai Bulan Bintang (PBB) Pamekasan M Suli Faris

Politikus Partai Bulan Bintang (PBB) Pamekasan M Suli Faris

MADURAKU.COM – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Bulan Bintang (PBB) Pamekasan, Jawa Timur berencana mengusulkan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang reklamasi pesisir pantai yakni di pesisir pantai Desa Branta, Kecamatan Tlanakan melalui hak inisiatif DPRD.

“Acuan kami dalam mengusulkan perda ini, karena menurut peraturan perundang-undangan 1/3 dari 12 mil pemanfaatannya menjadi kewenangan kabupaten kecuali terhadap pesisir pantai yang ditetapkan sebagai kawasan strategis nasional oleh pemerintah pusat,” kata Sekretaris DPC PBB Pamekasan M Suli Faris dalam keterangan persnya di Pamekasan, Rabu.

Kawasan pesisir pantai yang ditetapkan sebagai kawasan strategis nasional oleh pemerintah pusat, lanjut Suli, maka pemanfaatannya sepenuhnya menjadi kewenangan dari pemerintah pusat.

“Ini untuk mencegah pemanfaatan oleh pihak-pihak untuk kepentingan pribadi,” ucap penggemar klub sepak bola Madura United FC ini.

Suli menjelaskan, menurut beberapa sumber di pesisir pantai, sebagian pantai di Pamekasan ini telah dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu, bahkan sudah ada yang bersertifikat atas nama milik pribagi warga.

“Dari pada dimanfatkan oleh pihak yang tidak punya hak, maka sebaiknya pemda sendiri yang mengelola pesisir pantai tersebut,” tuturnya.

Ia lebih lanjut menjelasjan, agar pemda bisa memanfaatkan kawasan tersebut, maka harus dibuatkan perda terlebih dahulu.

“Perda yang diusulkan PBB ini paling tidak akan mengatur tentang luas reklamasi, pemanfatan, dan badan pelaksana reklamasi, dan anggaran reklamasi akan menjadi beban APBD,” katanya.

Setelah reklamasi selesai dilaksanakan maka nanti pemkab akan memiliki lahan baru, lahan baru hasil reklamsi tersebut akan dimanfaatkan sendiri oleh pemkab atau akan dikerja samakan dengan pihak ketiga atau ingin dijual pada investor itu tergantung nanti setelah reklamsi selesai.

“Kalau Raperda yang akan kami ajukan ini nantinya disepakati Insyaallah akan menjadi proyek monomental dan akan medorong laju pertumbuhan investasi di Pamekasan untuk meciptakan lapangan pekerjaan baru,” ujar Suli Faris. (MADURAKU.COM/AntaraJatim)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s