Smart City Telkom Dukung Program Pemkab Pamekasan

smart-pamekasan-pwiMADURAKU.COM – Platform Smart City Nusantara (SCN) milik Telkom siap mendukung Pemerintah Kabupaten Pamekasan menuju kota digital agar meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas dari penduduknya.

“Pekan lalu ada kunjungan dari rombongan Pemkab Pamekasan ke Living Lab Smart City Nusantara untuk melihat solusi yang cocok digunakan di wilayah tersebut menuju kota cerdas. Kita pamerkan sejumlah layanan yang berjalan di platform SCN,” kata EGM Telkom Divisi Government Service M. Salsabil dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Koordinator Living Lab Smart City Nusantara Imanuddin menambahkan laboratorium yang dikelolanya memang banyak dikunjungi pejabat daerah untuk melihat platform SCN yang cocok bagi daerahnya menuju kota cerdas.

“Rata-rata seminggu dua kali ada pejabat dari daerah ingin melihat simulasi SCN sebelum dijalankan di daerahnya. Pada Kamis (1/12) kemarin yang hadir rombongan Kabag Administrasi Pemkab Pamekasan Bapak Rachman,” ungkap Iman.

Diungkapkannya, kala rombongan pejabat dari Pemkab Pamekasan hadir, Living Lab SCN menyajikan solusi smart PJU, e-kelurahan, Mangoesky, Tax phri, Hisys, e-pelaporan, social media analytic, command center, dan Hi city.

Hisys adalah solusi Helath Information System. Sementara HiCity adalah aplikasi Tourism yang isinya informasi Hotel, Restauran, Wisata, dan Heritage yang dikemas dalam bentuk aplikasi mobile.

“Pada 2017 nanti kita akan integrasikan konektifitas 10 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pamekasan di data center,” tutupnya.

Asal tahu saja, Pemkab Pamekasan telah merencanakan pengembangan ekonomi digital pada 2017.

Pada 2013 Pemkab bersama Telkom pernah meluncurkan Pamekasan Digital Society (PaDiSo) di areal Monumen Arek Lancor setempat. Ada beberapa kegiatan yang dicanangkan pada program “PaDiSo” itu diantaranya mengimplementasikan “Indischool” di 10 sekolah dengan target 330 hingga 2015, menerapkan Indipatner bekerja sama dengan UKM di Pamekasan agar bisa berbisnis secara Online.

Berikutnya, menerapkan internet Pendidikan di 800 sekolah dengan tujuan memperlancar pencairan dan pelaporan dana bantuan operasional sekolah (BOS) serta target penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara “online” di Kabupaten Pamekasan.

Selanjutnya, penyediaan fasilitas layanan public free atau berbayar di tiga tempat di Pamekasan, yakni di Pendopo (Wifi Zone), Alun-alun Kota Pamekasan (Arek Lancor Cyber Park), dan kantor Telkom Pamekasan (Free Wifi Zone), termasuk Free Wifi Zone di beberapa lokasi lainnya di Pamekasan.

Telkom Smart City Nusantara sendiri terdiri dari Digital Broadband Infrastruktur sebagai platform dasar dan 7 Vertical Solution yang terdiri dari : Smart Government, Smart Education, Smart healthcare, Smart Security, Smart Transportation, Smart Environment dan Smart Citizen.

Adanya 7 solusi vertikal tersebut maka ciri khas dan keragaman daerah tetap dapat dilakukan dan implementasikan dengan baik. Kelebihan lain dari konsep smart city nusantara adalah mengadopsi platform dan berbagai aplikasi smart city dari pengembang aplikasi lokal yang paham dan spesifik dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia.(Maduraku-1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s