Muhammadiyah Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah

Seminar Ekonomi Syariah yang digelar MUI dan Pengurus Daerah Muhammadiyah Pamekasan, Rabu (30/11/2016)

Seminar Ekonomi Syariah yang digelar MUI dan Pengurus Daerah Muhammadiyah Pamekasan, Rabu (30/11/2016)

MADURAKU.COM – Majelis Ulama Indonesia dan Pengurus Daerah Muhammadiyah Pamekasan, Jawa Timur, menyatakan mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi yang menjadikan wilayah itu sebagai pusat pengembangan ekonomi syariah.

Ketua Komisi Ekonomi Kerakyatan MUI Pamekasan Gazali menyatakan ekonomi syariah memang perlu dikembangkan karena jenis ekonomi itu yang terbukti tahan menghadapi krisis.

“Selain itu, ekonomi syariah ini juga sebagai bentuk implementasi dari penerapan nilai-nilai syariat Islam,” katanya saat menyampaikan sambutan dalam seminar dan pelatihan bertema ‘Edukasi Ekonomi Syariah’ di Pendopo Wakil Bupati Pemkab Pamekasan, Rabu (30/11/2016).

Gazali menjelaskan, sudah ada kesepakatan antara Pemprov Jatim dengan 17 pondok pesantren di Jawa Timur terkait program itu. Bahkan, pemkab telah meminta kepada masing-masing daerah yang hendak membentuk koperasi agar diarahkan menjadi koperasi syariah.

Hal itu, kata pria yang juga Direktur Inkubator Bisnis Universitas Madura (Unira) Pamekasan ini, akan menjadi peluang untuk mengembangkan ekonomi Islam di Jatim. “Seminar yang melibatkan Otoritas Jasa Keuangan kali ini juga dimaksudkan agar kita lebih paham dan pada akhirnya menjadi pelaku aktif ekonomi syariah,” ucap Gazali.

Selama ini, kata dia, masih ada anggapan di sebagian masyarakat bahwa ekonomi dan lembaga keuangan syariah sama, padahal sangat berbeda. “Memang antara syariah dan nonsyariah sepintas sama, tapi sebenarnya esensinya berbeda,” kata dosen Fakultas Ilmu Administrasi Unira Pamekasan itu.

Ia menjelaskan, dalam ekonomi syariah titik tekannya adalah akad sehingga hal ini yang membedakan dengan ekonomi umum. “Untung, tumbuh dan berkembang, ini prinsip konvensional. Tapi di syariah untung, tumbuh, berkembang dan berkah,” kata dia.

Sementara, Ketua MUI Pamekasan KH Rahbini Abdullatif menyatakan kegiatan itu bagian dari upaya MUI untuk menanamkan nilai-nilai syariah.

Seminar bertema ‘Edukasi Ekonomi Syariah’ kerja sama antara MUI dan Muhammadiyah Pamekasan itu menghadirkan narasumber Taufik Hidayat dari OJK, dan Ketua Majelis Ekonomi-Kewirausahaan PD Muhammadiyah Pamekasan Matnin, M.EI. (Maduraku-1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s