Ribuan Warga Apel Nusantara di Arek Lancor

Apel Nusantara di Monumen Arek Lancor Pamekasan, Madura, Rabu (30/11/2016)

Apel Nusantara di Monumen Arek Lancor Pamekasan, Madura, Rabu (30/11/2016)

MADURAKU.COM – Kodim bersama jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pemkab Pamekasan serta para tokoh ulama Rabu 30 Nopember 2016 menggelar apel Nusantara Bersatu di monumen Arek Lancor setempat.

Tidak kuranh 2.000 orang mengikuti apel bertema “Nusantara Bersatu Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama Bhineka Tunggal Ika” itu.

Pejabat yang hadir dalam kegiatan itu, antara lain Wakil Bupati Pamekasan Bpk Khalil Asy’ari, Dandim 0826/Pamekasan Letkol Inf Nuryanto, Kapolres Pamekasan AKBP Nowo Hadi Nugroho SH SIK, Kepala Pengadilan Negeri Pamekasan Bpk Achmad Fauzi SH MH, Ketua MUI Pamekasan Bpk KH Ali Rochbini, Ketua FKUB Pamekasan Bpk Drs KH Mu’id Khozin, Kepala Kemenag Pamekasan Bpk Juhendi dan Kepala Bakesbangpol Pamekasan Al Walid, serta para pimpinan SKPD Pamekasan.

Apel Nusantara dalam rangka menjaga keutuhan NKRI ini mulai pukul 08.05 wib diawali dengan penampilan Drum Band SMPN 1 Pamekasan.

Lalu dilanjutkan dengan tari “Neng Senengan” dari Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 45 Kodim 0826/Pamekasan, kemudian lagu Indonesia Raya.

Wakil Bupati Pamekasan Khalil Asy’ari dalam sambutannya menyatakan terima kasih kepada semua undangan yang telah hadir dalam acara gerakan Nusantara Bersatu.

Wabup mengatakan, Indonesia adalah bangsa yang besar terdiri dari berbagai agama suku bangsa yang terhimpun dalam Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami mengharap kita mampu menjaga kebhinnekaan ini dengan serius dan tanggung jawab, baik dari kewibawaan dan keamanan juga harus kita jaga,” katanya.

Harapan yang juga penting menurut dia, adalah harus masukkan pelajaran kebangsaan ini kedalam materi pelajaran di study sekolah agar bisa tahu tentang keadaan dan perkembangan bangsa, ilmu sejarah bangsa juga penting.

” Maka dari itu kami juga mengimbau kepada para akademisi untuk memasukkan ini semua ke dalam pelajaran disekolah – sekolah,” katanya.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan orasi kebangsaan dari FKUB Pamekasan yakni Drs KH Abd Mu’id Khozin, lalu Ketua MUI Pamekasan KH Zainal Amin, serta orasi kebangsaan dari mahasiswa Unira, yakni Muhammad Hasin.

Dalam acara itu juga ditampilkan pembacaan puisi oleh Kamila dari SMAN 5 Pamekasan, menyanyikan lagu wajib nasional, seperti Garuda Pancasila, Satu Nusa Satu Bangsa, Bagimu Negeri dan Nusantara.

Forpimda Pamekasan, FKUB, Ketua MUI, Kepala Kemenag Pamekasan, Mahasiswa dalam juga diberi kesempatan naik panggung menyanyiakan lagu Nusantara bersama Peserta Apel.

Acara diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ketua MUI Pamekasan KH Ali Rochbini. (Maduraku-1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s